Sabtu, November 19, 2011

Aplikasi Web

Aplikasi web atau aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dijalankan melalui browser. Aplikasi seperti ini pertama kali dibangun hanya dengan mengunakan bahasa HTML (Hyper-Text Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTTP(HyperText Transfer Protocol).
Namun tentu saja hal seperti ini  memiliki kelemahan. Semua perubahan harus dilakukan pada level aplikasi. Pada perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. Pada saat ini, banyak skrip seperti itu; antara lain yaitu PHP, ASP, ASP.NET.

Sebagai implementasinya, aplikasi Web dapat dikoneksikan ke database. Dengan Demikian, perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertangguang jawab terhadap kemukhtahiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab pemrograman atau Webmaster.

Konsep yang mendasari aplikasi web sebenarnya sederhana. Operasi yang melatarbelakanginya melibatkan pertukaran informasi antara komputer yang meminta informasi, klien, dan komputer yang memasok informasi disebut server secara mendetail, server melayani permintaan dari klien sesunggunhya berupa suatu perangkat lunak yang dinamakan WEB SERVER. Secara internal, web server inilah yang berkomunikasi dengan perangkat lunak lain disebut middleware yang berhubungan dengan database.
@watermark

2 komentar: